Skip to main content

Cewek yang Selalu Lapar Tiap Dua Jam Itu Nekat Menjalani #70HariBayarUtangPuasa!

Yang twit2an sama gw mungkin pernah lihat hashtag #70HariBayarUtangPuasa di linimasa gw. Ya begitulah, kaya' dunia harus tahu banget ya, bahwa gw punya utang puasa sebanyak 70 hari sama Tuhan. Itu artinya 2x Ramadhan + 10 hari. Puasa sehari aja nelangsa banget... gimana gw bisa segitu nekat mau bayar puasa 70 hari? Sebenernya yang harusnya gw maksud 'nekat' adalah keberanian gw numpuk utang puasa sampai sebanyak itu. Untuk ukuran orang yang nggak suka berlapar-lapar puasa, numpuk utang 70 hari itu setara dengan ajakan bunuh diri  latian marching band lagi di usia menjelang menopause. Halah!

Jadi, sejak 2005 gw nggak pernah bayar puasa, dan benar sekali bahwa itu adalah pertama kalinya gw bergabung dalam sebuah unit marching band keren di kampus. Intinya gw mau nyalahin MBUI sih, hehe! Nah, selama latian MB itu kaya'nya susah banget nyisihin waktu buat bayar utang puasa. Gw tetep puasa sih kalo latihan pas bulan Ramadhan. Emang rasanya neraka banget latian MB di bulan Ramadhan, dan nggak peduli ikhlas atau nggak, yang penting gw nggak pernah batalin puasa Ramadhan karena nggak kuat puasa sembari latihan. Intinya, gw nggak puasa selalu karena sebab wajar tanpa kecuali: menstruasi dan menjadi musafir--rumah gw jauh, men.. Jakarta-Banyuwangi itu 24 jam! Kalaupun gw naik pesawat Jakarta-Surabaya, gw masih harus naik bis 8-10 jam ke Banyuwangi. Dan gw nggak bisa nggak jajan selama dalam perjalanan :) Ah, kalian taulah alasan orang males puasa.

Padahal, gw tuh nggak bandel2 amat sama Tuhan. Relatif manis lah.. Prinsip gw sih, gw nggak mau bikin ribut sama Tuhan. Kenapa? Ya karena nggak fair aja. Gw kerjain deh sebisa mungkin apa-apa yang diminta Tuhan, asal nggak ngrepotin amat. Solat di bis/kereta dengan tayamum dan mukena-an pake kapucon jaket itu masih gw jabanin dengan enteng kok, belum kategori ngrepotin. Ibadah ngrepotin itu pake jilbab tumpuk-tumpuk warna-warni dililit-lilit munyer-munyer dengan bros heboh dan jepitan bunga-bunga atau kepangan benang wol warna-warni kaya' yang suka dipake cewek2 di sekeliling kepala sambil senam di film2 jadul: terus harus wudlu di tempat umum. Salutlah buat yang sanggup menjalaninya :)

Pokoknya gw bekerja sesuai porsi gw, dan Tuhan bekerja di ruangannya sesuai porsi Dia. Fair kan?

Nah, sebenernya semua berjalan lancar; sampai akhirnya gw bergabung dengan MBUI. Hwahahaha! Kena lagi deh unit gw!
Emang sih dari kecil puasa itu bukan ibadah favorit--emang ada gitu ibadah favorit? Sok2an lo, Swah! *self-toyor*
Keluarga gw termasuk keluarga yang keras untuk urusan ibadah, tipikal keluarga Muhammadiyah orthodox gitu deh, yang Minggu pagi jam 6 aja gw udah ngaji di gedung Muhammadiyah sementara anak-anak lain masih ngiler di kasur sebelum nonton Doraemon. Segala yang sunnah di agama kaya' berasa wajib gitu di rumah. Tapi untuk puasa sunnah, gw ngejalaninya lebih karena: ya ampun, semua orang di rumah puasa, kulkas kosong, kalo makan sendirian disindir-sindir, paling aman ya ikutan puasa! Dan FYI, sementara kakak-kakak gw latian puasa Ramadhan sejak TK--nyicil dari puasa setengah hari, sampe ashar, tergantung deal sama nyokap lah--gw satu-satunya yang nggak mau "belajar" puasa. Gw bilang nyokap, "Aku nggak mau puasa nyicil2. Nanti kalo aku udah kelas 3 aku puasa penuh." (baca: Jangan ganggu2 dulu deh. Aku mau makan. Ntar aja kalo aku udah gede puasa). Ya begitulah. Sesuai janji, gw emang langsung puasa penuh sejak kelas 3 SD, tanpa proses puasa setengah hari :) *achievement! :p*

Beberapa hari yang lalu, gw ngebaca sebuah twit: "Makasih ya udah bangunin sahur *ngomong sama alarm*
Sebenernya itu twit umum sih, twit yang suka ditulis manusia-manusia jomblo---yang alhamdulillah, sejak era twitter ini sangat mendapat tempat di linimasa dengan twit2nya yang lucu mengenaskan. Tapi entah kenapa, gw tiba-tiba inget utang puasa gw yang sudah numpuk sejak 2005. Dan setelah gw itung-itung, asumsi 8 hari mens x 8 th = 64 hari, plus absen puasa karena berperjalanan. Setelah tawar-menawar sepihak, ketemulah angka 70 hari :))

Gw tadinya udah nyerah sih dengan utang puasa selama 8 tahun itu. Niat ngebayar aja sama sekali nggak terlintas. Bahkan gw suka banget nanya ke temen gw, Andrian Fauzi, kalo tiba-tiba MUI ngeluarin fatwa joki puasa, si Ndun inilah pilihan pertama gw untuk jadi joki puasa gw. Bahkan gw mulai memikirkan fidyah, tapi fidyah itu seinget gw untuk perempuan hamil atau orang yang sakit parah sehingga tidak memungkinkan bagi yang bersangkutan untuk bayar utang puasa. Lha gw? Sehat semontok-montoknya! Mungkin semacam disuruh bersyukur juga kali ya, bahwa gw terlampau sehat untuk mengajukan fidyah :p

Maka di sinilah gw sekarang: Day-2 #70HariBayarUtangPuasa. Nekat. Teman-teman yang sering maen sama gw macam Vieza, Dimas, Pebi, Jodi, pasti udah bosen banget dengan celetukan gw beberapa saat abis makan: "Laper" dan mereka cuma akan geleng-geleng kepala sambil bilang, "Lagi, Swah?" Gw sadar banget kok, bahwa tiap dua jam gw emang selalu laper. Nggak tau kenapa, mungkin gw kena sindrom Prader-Willi fase awal, suatu keadaan di mana sinyal kenyang tidak sampai ke otak--itu sih penjelasan yang gw inget di film Law&Order, apa CSI ya, apa Criminal Minds ya? Gw laper terus lah anaknya, dan di tas gw emang selalu ada jajanan: oreo, coklat, biskuit, susu ultra, roti, dan err.. hansaplast. Hansaplast? Ya karena gw gampang terluka :) *mesem*

Jadi apa yang menyebabkan gw berani ngejalanin project gila #70HariBayarUtangPuasa?
1. Gw kembali pada prinsip awal hubungan gw dengan Tuhan: gw gamau bikin ribut.
2. Gw gamau mati trus di akhirat diungkit-ungkit mulu perihal utang puasa yang pasti akan numpuk ratusan hari kalo umur gw panjang banget. Gatel di kuping. Males aja gitu, lo lagi leyeh-leyeh di sorga, ngoplos-ngoplos minuman ala bartender sambil suit-suitin bidadara-bidadara ganteng malu-malu, tiba-tiba lewat malaikat yang pura-pura batuk, "Uhuk! Utang puasanya! Uhuk!"
Gw gamau hal-hal semacam itu ngerusak kebahagiaan remeh-temeh gw.
3. Gw gamau kalo nyokap gw nanya dan gw harus jawab bo'ong. Gw nggak jago bo'ong sama orangtua. Pasti ketauan soalnya. Gw rasa emak-emak di seluruh dunia tergabung dalam Paguyuban Cenayang Sedunia. Arisan itu salah satu bentuk gathering-nya.

Oiya, satu lagi yang memicu gw menjalani project ini selain twit tadi. Di kantor gw, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman yang sohor sebagai laboratorium studi vitamin pertama di dunia itu, terdapat dua katering. Sebutlah Katering Babeh dan Katering Ibu. Masing-masing digilir makanin kami seminggu-seminggu. Nah, dengan Katering Babeh ini lidah gw nggak pernah cocok: santannya terlalu pekat sampe gw sering mules-mules, rendangnya manis lah, pokoknya gw nggak begitu suka. Sangat berbeda dengan Katering Ibu, yang bumbunya lebih ringan dan nggak terlalu banyak santan. Sebagai penggemar makanan hambar minus bumbu, gw jelas lebih cocok dengan makanan Katering Ibu.

Jadi, bersamaan dengan ide #70HariBayarUtangPuasa, maka gw juga udah menjadwalkan kapan aja gw akan puasa dan nggak. Kalo giliran Katering Babeh ngasih makan, berarti gw puasa; terus minggu berikutnya gw nggak akan puasa karena giliran Katering Ibu. Begitu seterusnya. Udah cukup dangkal kan alasan gw? Gadis metropolitan alasannya emang nggak boleh dalem-dalem amat, ntar nggak ada lagi yang ngajakin gw maen ice-skating di Taman Anggrek cuma demi punya foto lagi ice-skatingan, haha! Oya, kalo gw lagi disuruh presentasi dan rapat juga gw ga akan puasa. Alasannya gamblang: makanannya enak-enak, di luar katering langganan sehari-hari :) Weekend jelas lah ya: libur!

Tapi masih bingung. Nyokap gw tuh rajin banget loh puasa sunnah, kok gw nggak terinspirasi ya? Temen-temen kuliah dan kantor gw juga banyak yang rajin puasa Senin-Kamis. Bahkan si Roy, tempat sampah sahabat gw dari SMA juga gw tau suka ngabarin lagi sahur. Tapi gw sama sekali nggak tertarik ikutan. Sampai pada akhirnya gw baca twit orang itu.. Hmm.. Gimana bilang makasihnya ya? :)

Depok, 27 Februari 2013, Day-2 #70HariBayarUtangPuasa

Comments

Popular posts from this blog

Sebab Hanya Anda yang Tahu Perihal “Hembus Angin Utara”

Judul asli: Gut gegen Nordwind (2006) Judul terjemahan: Hembus Angin Utara (Darbook, 2009) Penulis: Daniel Glattauer Penerjemah: Ahmad Mulyadi Saya jenis manusia konservatif. Jarang chatting kecuali ada janji. Skype dan gtalk nyala kalau ada perlu. Segala fasilitas macam BBM, iMessage, Kakaotalk, line, whatsapp, belum pernah saya sentuh. Meski akrab dengan fasilitas teleconference dan aplikasi Go To Meeting di kantor, saya tidak akan melakukannya jika kolega sama-sama berada di Jakarta. Saya lebih puas bertemu, menatap langsung wajah kawan bicara saya, membaca mimik dan gerak-gerik tubuhnya, meraba-raba senyum palsu dan tawa basa-basinya. Tidak ada yang lebih indah daripada pecah tawa bersama-sama, tidak ada yang bisa menyamai lirikan sarat konspirasi dan senyum penuh arti. Tidak akan ada ekspresi yang bisa terganti dengan hahaha, xoxoxo, ck ck ck ck, xi xi xi xi, hihihi, hohoho, bahkan wkwkwkwkw! Pun emoticon paling rumit yang tersedia di gadget Anda J Jadi, sa

A GIRL WITH A HENRI BENDEL TOTE BAG

Saya akan memulai catatan ini dengan sebuah pengakuan: saya bukan shopaholic. Saya akui sebagian besar cewek suka belanja, pun saya, tapi saya belajar untuk lebih menahan diri dan rasional, minimal tidak impulsif. Orangtua saya tidak gemar belanja, dan saya dibesarkan di kota kecil Pati, Jawa Tengah, yang membuat saya tidak terpapar pusat perbelanjaan. Satu-satunya kegiatan  shopping  yang paling menyenangkan bersama keluarga adalah memborong sayur-sayuran di dataran tinggi Kopeng--bagasi penuh sayur dan kegiatan menyenangkan berikutnya adalah mendatangi rumah tetangga satu per satu dan berbagi sayuran segar (saya paling ingat bagian ini, karena tiap kali saya disuruh memberi hantaran ke rumah tetangga, saya harus menghapal dulu kalimat bahasa Jawa halus untuk diucapkan, " Sugeng enjang/siang/sonten. Niki ngaturaken oleh-oleh saking ibu.." ---habis itu kalau ditanya macam-macam pasti jawabannya bahasa Jawa campuran ngoko-kromo + bahasa Indonesia).  Shopping  lain yang t

#EstafetBuku: Mari Berbagi Racun dalam Buku

Awalnya gw abis baca novel "Pulang" karya wartawan Tempo: Leila S. Chudori yang selama membaca dan khatamnya, bikin mood gw berantakan, menimbulkan sensasi berbagai rasa. Mungkin karena gw memang suka baca tentang "sisi hitam Indonesia", mungkin juga karena gw pernah dekat dengan seorang tapol Buru yang disiksa dengan ekor ikan pari; mungkin juga karena gw pernah sangat kesal dengan Taufik Ismail yang "merusak" peluncuran buku tapol Buru tersebut. Terlalu menyederhanakan masalah jika lo nyebut "komunis itu atheis dan membantai banyak orang di Indochina, bla bla bla.. Kalian anak muda nggak usah gampang terpesona dengan pemikiran-pemikiran kiri." Gw terhina sebagai anak muda, yang duduk sebagai pembicara dalam sebuah bedah buku di UIN Jakarta itu. Jadi, setelah baca "Pulang", gw nggak mau "tersiksa" sendirian. Gw ngerasa bahwa semua orang generasi gw dan generasi di bawah gw harus banget baca novel itu. Gw udah lama banget ga